Minggu, 14 Juli 2013

Kota Kuno Zinj



Kota Zinj adalah sebuah mitos tentang sebuah kota kuno di congo. dan cerita tentang mitos ini di filmkan dalam sebuah film yang berjudul “ kongo “. Film ini mengisahkan tentang sebuah ekspedisi ilmiah pada tahun 1979 yang berisi beberapa ilmuan dari sebuah perusahaan di bidang teknologi bernama Earth Recources Technology Sercices Inc., (ERTS).  Sekumpulan peneiliti tersebut dikirim ke sebuah daerah di rimba Congo yang diduga memiliki kandungan berlian langka.  Berlian tersebut sangat penting untuk pengembangan teknologi yang sedang dilakukan oleh ERTS. Beberapa saat setelah sampai di lokasi yang dituju,  ekspedisi tersebut kemudian hilang secara misterius. Petunjuk terakhir yang ditinggalkan oleh tim ekspedisi tersebut memperlihatkan kalau mereka diserang oleh makhluk yang diduga kuat semacam gorila.

Untuk menyelidiki hilangnya tim ekspedisi tersebut—dan juga meneruskan penelitian mengenai daerah yang diduga memiliki banyak kandungan berlian langka—Karen Ross ditugasi oleh ERTS untuk segera kembali ke daerah rimba Congo tersebut, alasan kangen Karen ross dalam ekspedisi kali ini adalah karena pacarnya yang hilang dalam ekspedisi pertama.  Dalam mempersiapkan tim ekspedisi selanjutnya, Karen Ross kali ini melibatkan seorang ahli primata bernama Peter Elliot. Secara kebetulan, saat itu Peter Elliot sedang melakukan eksperimen dengan mengajari seekor gorila betina bernama Amy cara berkomunikasi dengan gerakan tangan. Selain bisa berkomunikasi dalam 620 bahasa tangan, Amy juga sering melukis menggunakan jarinya. Dalam lukisannya terdapat kesamaan dengan mitos tentang kota kuno “Zinj”, amy sering melukiskannya dan dalam bahasanya Amy menyebut gambar itu Kera jahat. Selanjutnya dikisahkan kemungkinan berlian yang dicari oleh ERTS berhubungan dengan kota kuno tersebut. Peter Elliot bersikeras untuk membawa Amy ke Congo karena ingin menguji bagaimana reaksi Amy jika dibawa ke alam bebas.
Mereka berdua (tiga sebenarnya, jika Amy dihitung) bersama beberapa Munro, seorang penjelajah ternama di daerah Afrika dan beberapa anak buahnya pada akhirnya menjelajah rimba  Congo menuju ke tempat dimana tim ekspedisi pertama menghilang, lalu kemudian menyelidiki tentang hilangnya tim ekspedisi pertama, mitos kota kuno “Zinj”, dan tentu saja untuk mencari berlian langka untuk kepentingan ERTS.

Dalam perjalanannya mereka akan menemui banyak halangan, seperti adanya kompetitor dari ERTS, revolusi yang sedang terjadi di daerah Zaire, suku asli pedalaman rimba Congo, hewan-hewan yang masih liar, gunung api aktif yang dapat meletus kapan saja, dan tentu saja segrombolan makhluk misterius diduga gorila yang menyebabkan tim pertama ekspedisi menghilang.
Film ini cukup menarik karena terlihat sangat realistis. Dari Film  ini dapat diketahui beberapa hal mengenai Primatologi, Zoologi, kehidupan liar di hutan Afrika, dan berbagai hal lain.


SUMBER :  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar