Penemu Kapal Api
Robert
Fulton (14 November 1765 – 24 Februari 1815) adalah seorang insinyur dan penemu
yang secara luas dipuji karena mengembangkan kapal uap pertama yang sukses
secara komersial. Di tahun 1800 dia ditugaskan oleh Napoleon Bonaparte untuk
merancang Nautilus, yang pertama dalam sejarah kapal selam praktis.
Fulton telah tertarik pada
kapal uap pada tahun 1777 ketika ia mengunjungi William Henry dari Lancaster,
Pennsylvania, yang sebelumnya belajar tentang mesi uap James Watt pada kunjungan ke Inggris. Henry
kemudian membuat mesin sendiri dan pada tahun 1767 ia telah mencoba meletakkan
mesin ke perahu. Eksperimen itu gagal karena kapal tenggelam, tetapi minatnya
terus berlanjut.
Pada 1786, Fulton pergi untuk
belajar melukis di Paris, dan di sana ia bertemu James Rumsey, yang duduk untuk
potret di studio Benyamin Barat di mana Fulton adalah
seorang murid. Rumsey adalah seorang penemu dari Virginia yang mengelola
sendiri kapal uap pertama di Shepherdstown (sekarang di West Virginia) pada
tahun 1786. Pada awal 1793, Fulton mengusulkan rencana untuk kapal bertenaga
uap baik Amerika Serikat dan pemerintah Inggris, dan di Inggris ia bertemu
dengan Duke of Bridgewater, yang kanal digunakan untuk pengadilan terhadap uap
menarik, dan yang kemudian memerintahkan kapal penarik uap dari william
Symington. Symington telah berhasil mencoba kapal uap pada 1788, dan tampaknya
mungkin bahwa Fulton menyadari perkembangan ini.
Percobaan pertama yang berhasil
lari dari sebuah kapal uap telah dibuat oleh penemu John Fitch pada Sungai
Delaware pada 22 Agustus 1787, di hadapan delegasi dari Konvensi
Konstitusional. Hal ini didorong oleh bank dayung di kedua sisi kapal. Tahun
berikutnya Fitch meluncurkan 60 kaki (18 m) perahu diaktifkan oleh mesin uap
mengemudi mount beberapa dayung buritan. Mengayuh dayung ini dengan cara yang
mirip dengan gerakan kolam kaki bebek. Dengan perahu ini ia membawa tiga puluh
penumpang pada berbagai round-trip perjalanan antara Philadelphia dan
Burlington, New Jersey.
Fitch diberikan hak paten pada
26 Agustus 1791, setelah pertempuran dengan Rumsey, yang telah menciptakan
penemuan serupa. Sayangnya yang baru dibentuk Komisi Paten tidak penghargaan
monopoli paten yang luas bahwa Fitch sudah minta, tapi paten jenis modern,
untuk desain baru Fitch kapal uap. Ini juga diberikan paten untuk Rumsey dan
John Stevens untuk desain kapal mereka, dan hilangnya monopoli menyebabkan
banyak di Fitch investor untuk meninggalkan perusahaannya. Sementara perahu
mekanis berhasil, Fitch tidak membayar perhatian yang cukup kepada konstruksi
dan biaya operasi dan tidak bisa membenarkan manfaat ekonomi navigasi uap. Itu
Fulton yang akan mengubah ide Fitch menguntungkan dekade kemudian.
Tahun 1797, Fulton pergi ke
Perancis, di mana Claude de Jouffroy telah membuat kapal uap yg beroda kerja
pada tahun 1783, dan mulai bereksperimen dengan torpedo kapal selam dan kapal
torpedo. Fulton adalah penemu panorama pertama akan ditampilkan di Paris, yang
selesai pada 1800. Jalan di mana panorama ditunjukkan masih disebut ” ‘Rue des
Panorames’” (Panorama Street) sekarang.
Fulton merancang kerja kapal
selam pertama, Nautilus antara 1793 dan 1797, ketika tinggal di Perancis. Dia
meminta pemerintah untuk mensubsidi pembangunannya tapi ia menoleh ke bawah dua
kali. Akhirnya ia mendekati Menteri Kelautan dirinya sendiri dan pada tahun
1800 diberi izina untuk membangun.
Fulton menyajikan kapal uap nya untuk Bonaparte pada tahun 1803
Fulton menyajikan kapal uap nya untuk Bonaparte pada tahun 1803
Di Perancis Fulton juga bertemu
dengan Kanselir Robert R. Livingston yang ditunjuk sebagai Duta Besar AS untuk
Prancis pada tahun 1801, dan mereka memutuskan untuk membangun sebuah kapal
bersama-sama dan coba jalankan di Seine. Fulton bereksperimen dengan air
hambatan dari berbagai bentuk lambung, membuat gambar dan model, dan punya
kapal uap dibangun. Pada sidang pertama perahu berlari sempurna, tapi lambung
ini kemudian dibangun kembali dan diperkuat, dan pada 9 Agustus 1803, perahu
ini dikukus sampai Sungai Seine. Perahu itu 66 kaki (20,1 m) panjang, 8 kaki
(2,4 m) beam, dan dibuat antara 3 dan 4 mil per jam (4.8 dan 6.4 km / h)
melawan arus.
Pada tahun 1806, Kanselir
menikah Fulton keponakan Livingston Harriet (yang adalah putri dari Walter
Livingston), dan mereka kemudian memiliki empat anak: Robert, Julia, Mary dan
Cornelia.
Pada 1807, Fulton dan Livingston
bersama-sama membangun kapal komersial pertama, Steamboat Sungai Utara
(kemudian dikenal sebagai Clermont), yang membawa penumpang antara New York
City dan Albany, New York. Yang Clermont mampu membuat sekitar 300 mil
perjalanan di 62 jam. Dari 1811 hingga kematiannya, Fulton adalah anggota
Komisi Canal Erie. Fulton meninggal pada 1815. Ia dimakamkan di Pemakaman
Gereja Trinitas di New York City, bersama dengan Amerika terkenal seperti
Alexander Hamilton dan Albert Gallatin.
SUMBER :
Wikipedia
http://kisahpenemu.wordpress.com/2010/02/28/penemu-kapal-api/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar