Kamis, 03 Januari 2013

ANDAI AKU MENJADI MENTERI KOPERASI


Kristianto nadeak



‘’andai aku menjadi menteri koperasi’’ mungkin mendengar itu hati saya sedikit kaget.  tapi untuk kali ini saya akan mencoba ber imajinasi bagaimana jika saya saat ini adalah menjabat sebagai menteri koperasi. Mari ikuti apa kata imajinasi saya...................................................

Sekarang ini Kristianto Nadeak (saya) adalah menteri koperasi indonesia. Dan kementerian koperasiindonesia saat ini mempunyai sedikit problematika, APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN UNTUK MENGHILANGKAN PROBLEMATIKA TERSEBUT?
Pertama sekali yang harus saya lakukan adalah meminta pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa garsya dapat melaksanakan tugas saya, agar saya dapat menanggung tanggung jawab yang saya pikul sebagai menteri koperasi, agar senantiasa Tangan-Nya membimbing saya dalam setiap keputusan yang saya ambil atau saya terapkan terhadap koperasi indonesia. Dan menanamkan jiwa pancasila pada diri saya. Karena itu akan menumbuhkan pengabdian kita terhadap bangsa dan negara kita agar kita benarbenar bekerja demi kesejahteran masyarakat.
            Nah sekarang mari kita bicara tentang koperasi, yang harus saya lakukan secar umumadalah menghidupkan kembali sistem dari koperasi itu sendiri. Sedangkan sistem itu sendiri adalah saling keterkaitan diantara pejabat pejabatkoperasi itu sendiri sampai dengan ke masyarakatnya. Memang Menjabat sebagai seorang menteri koperasi tidaklah mudah, itu merupakan tugas yang cukup  sulit. Menjadi menteri koperasi juga harus memiliki  jiwa kepemimpinan. Yaitu mampu mengajak dari setiap bawahan untuk mencapi tujuan yang akan saya capai.
            Langkah yang harus saya lakukan adalh memanejemen dengan baik bawahawa bawahan saya dengan teliti dan efektivitas. dan jika saya melakukan perekrutan anggota baru saya harus memerhatikan dengan teliti dari setiap bawawan saya yang menjabat di menteri koperasi haruslah sesuai dengan bidang atau jurusan atau skill yang mereka milik, agar mereka dapar bekerja secara profesional. Dan selanjutnya para pejabat pejabta yang menjabat di daerah juga harus sesuai dengan bidang mereka atau skill dari meraka, bukanlah dari status mereka di daerah tersebut, yang akan berusah juga menghiklang nepotisme yang sering sekali terjadi di pemerintahan pemerintahan daerah.
Saya juga akan lebih menekankanpentingnya komunikasi di koperasi itu sendiri maupun komunikasa antara pejabat pejabat koperasi terhadap masyarakat. Nah disini saya akan melakukan penyuluhan terhadap masyarakat, agar masyarakat itu sendir tau apa itu koperasi, apa dampak dari koperasi terhadap ekoomi indonesia, bagaiman perputaran modal dari kopersasi   itu sendiri,  saya juga akan menjalin hubungan komunikasi yang baik terhadap masyarakat, pokoknya saya melakukan penyuluhan yang baik terhadap masyarakat, sebagaiman seharusnya penyuluhan itu dilakukan, maka saya akan melakukan itu se optimal mungkin. Nah jika hal ini sudah mampu saya lakukan maka untuk langkah langkah selanjutnya pun sudah akan mudah, kenapa saya berkata demikian,karena koperasi itu sendiri tanpa danya ikatan yang kuat terhadap masyarakat maka kita akan sulit untuk menanamkan kebijakan kebijakan yang kita terapkan, dalam kondisi ini maka penyuluhan yagn di jalankan oleh para penyuluh pun akan berjala sesuai dengan apa yang kita rencanakan . Saya juga akan melakukan pengawasan pengawasan terhadap pejabat pejabat koperasi,  dan saya akan berusaha mengajak mereka , agar mereka dapat meningkatkan kinerja dari mereke masing masing. Nah disini juga saya akan menerapkan fungsi fungsi dari manajemen yaitu:
·planning yaitu perencanaan
·organizing yaitu pengorganisasian
·actualiting yaitu pengawasan
·controlling yaitu pengontrolan
·staffing yaitu pengturan untuk staff
·motivation yaitu motivasi seperti tunjangan kerja, keamanan kerja, dll
saya juga akan menanamkan ideologi seperti apa yang tertulis di dalam undnag undnag
negara, yaitu:
            1. mempunyai landasan dan azas
·berlandaskan pancasila, dan undang undang dasar 1945
·berazas kekeluargaan
·mempunyai tujuan
·memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya
·membangun tatanan perekonomiannasional dalam rangka mewujudkanmasyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan pancasila dan undang undangdasar1945
·2.  mempuyai fungsi dan peran
·membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk menungkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya
· Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan mausia dan masyarakat.
·Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai sokogurunya
·Berusaha untuk mwujudkan dan mengembangkan perekoomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi indonesia, seperti halnya ekonomi  yang di anut oleh indonesia saat ini.
·3. Mempunyai prinsip
·Pengelolaan dilakukan secara demikratis
·Pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa usaha masing masing anggota
·Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal
·kemandirian
            menjadi menteri koperasi sesungguhnya saya juga akan melihat kebelakang, kenapa koperasi indonesia pada pertengahan ini tidak dapat berjalan lancar sesuai dengan yang di inginkan, sesungguhnya saya juga akan belajar dari kesalahan kesalahan tersebut. Dan saya juga bisa melihat kenapa koperasi koperasi di luar negeri itu bisa brjalan dengan baik, apakah itu karena faktor dari masyarakatnya, ataukah dari pengawasan yang kurang efektif kepada staff staff nya, itu akan menjadi bahan mentahan bagi saya, apalagi jika di kaitkan dengan jurusan saya adalah akuntansi, maka seorang akuntansi saya juga harus bisa menganalisis dimana letak dari kesalahan koperasi Indonesia saat ini. Menjadi menteri koperasi sesungguhnya menjadi pondasi bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, yang maksudnya menjadi akar dari pertumbuhan ekonomi masyarakat, yang memberikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam menunjang berkembangnya ekonomi masyarakat. Karena masyarakan dan pemerintah merupakan pelaku ekonomi yang tidak akan mungkin tidak berhubungan dalam siklus ekonomi, dan kita juga harus tau tanpa masyarakat yang sejahtera maka tidak asing suatu APBD juga akan sangat rendah, yang akhirnya memicu kepada ketertinggalan daerah tersebut jika di bandingkan dengan daerah lain, baik itu di bidang pendidikan juga kesehatan. Sebagai menteri koperasi disini saya dituntut untuk mampu bersaing dengan badan badan keuangan swasta, memang ada baiknya sih masuknya badan keuangn swasta ke dalam perekonomian masyarakat, tapi sebagai suatu kementerian saya harus mampu bersaing dengan mereka, agar apa yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik.
            Sebagai menteri koperasi juga kita harus lebih memahami masyarakat, kita harus mendengarkan keluhan dari masyarakat, dan kita juga harus cepat mengatasi keluhan dari masyarakat tersebut, itu merupakan salah satu contoh. Disini juga kita di tuntut bahwa dalam melayani masyarakat itu, kita tidak perlu memandang status, karena tugas kita menjadi menteri koperasi adalah melayani masyarakat. Dengan demikian maka komunikasi antara pemerintah dan masyarakatpun akan semakin membaik,dan masalah yang ada akan cepat terselesaikan, dan inilah yang merupakan tujuan dari penyuluhan seperti yang sudah saya sebutkan diatas, sehingga terciptalah suatu keterkaitan atau kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah yang efektif. Nah jika suasananya sudah begini bukan tidak mungkin semua koperasi koperasi yang  ada di Indonesia yang sudah redup selama ini bisa saya gerakkan lagi, mulai dari koperasi koperasi yang ada di daerah, kita akan memanejemen sistem dari unit koperasi tersebut, ''siapa aja yang akan menjabat disana'', kita akan menyesuaikan dengan kemampuan seseorang tersebut, ''apakah dia pantas menjabat di posisi ini'', sehingga kesalahan kesalahan pun tidak terjadi lagi, seperti yang telah kita ketahui pada umumnya di daerah.
            Jadi jika saya simpulkan lagi 'andai aku menjadi menteri koperasi', setelah semua program-program yang telah saya terapkan, maka perlu diperhatikan lagi koperasi di pedesaan, untuk mengembalikannya kembali yang sempat berada di puncak kajayaannya. Yang dulunya dimana masyarakat pedesaan itu sangat menikmati pengaruh dari koperasi itu terhadap kegiatan ekonomi mereka, apalagi masyarakat pedesaan mayoritas menggantungkan nasibnya kepada sektor pertanian, peternakan, perkebunan, maupun perikanan. Tapi dalam menggerakkan ini kita juga harus memerhatikan perputaran dari barang ekonomi itu di pedesaan tersebut, seperti koperasi unit desa, jadi berang ekonomi hasil panen dari mereka bisa berputar dengan nilai ekonomis yang sesuai. Memang koperasi unit desa saat ini sudah semakin berkurang karena kalah saing dengan pihak swasta, namun disinilah kita akan mengkoordinir semua unit unit ekonomi tersebut, sehingga komoditas perekonomian masyarakat yang mereka perdagangkan cukup stabil.
            Apresiasi dari komenterian yang seperti ini sangat efektif untuk mendorong masyarakat menghasilkan output yang lebih banyak dan berkualitas, sehingga perekonomian kita akan semakin maju, dan kreativitas kreativitas yang barupun akan bermunculan, dan generasi utuk berwiraswasta akan semakin banyak bermunculan, dengan keadaan yang seperti ini akan memicu adanya persaingan di antara masyarakat, yang nantinya juga membuat masyarakat itu sendiri menjadi inovatif, seperti layaknya yang di sebutkan oleh yoseph schumpeter, yaitu pembangunan dan pertumbuhan ekonomi haruslah menuntut adanya inovatif inovatif baru.
Sepertinya cukup sekian sudah imajinasi saya,,,
selamat berwiraswasta dan salam sukses. Terimakasih
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar