Senin, 17 Oktober 2011

Hatta Dukung Inovasi Pangan

Jakarta - Buah pala memiliki nilai tinggi sebagai rempah-rempah sehingga menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi. Selain untuk bumbu masakan, buah pala ternyata bisa dijadikan bahan membuat minuman. Seperti apa rasanya, tanyakan kepada Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa.

Pria berambut perak ini mencicipi minuman sari buah pala ketika mengunjungi pameran Expo Nasional Inovasi Perkebunan 2011 di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (14/10). Hatta tertarik melihat minuman dalam kemasan botol yang warnanya kuning keemasan mirip minyak goreng.

"Apakah ini bisa langsung diminum?" tanya Hatta kepada Menteri Pertanian Suswono yang mendampinginya. Ketika dijawab bisa, calon besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini langsung menenggak minuman tersebut. "Enak," gumamnya.

Beranjak beberapa langkah, Hatta mendapati stand makanan, minuman dan kerajinan dari kelapa kopyor. Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengambil satu gelas kecil es kelapa kopyor. Es tersebut terbuat dari sirup dan daging kelapa kopyor yang empuk.

"Ini juga enak, coba saja," kata Hatta sambil mengangkat jepol. Setelah Hatta meninggalkan stand tersebut, es kelapa kopyor itu langsung ludes diserbu pengunjung. Pameran Expo Nasional Inovasi Perkebunan 2011 ini memang menyajikan berbagai inovasi hasil perkebunan berupa makanan, minuman dan kerajinan.

Menurut Hatta, inovasi di bidang pangan menjadi keharusan guna menghadapi tantangan ke depan. Tanpa inovasi, umat manusia bisa menghadapi masalah pelik di bidang pangan dalam beberapa dekade ke depan. Sebab jumlah manusia terus berkembang dan diperkirakan akan mencapai 9 miliar jiwa dalam dua dekade mendatang. Ketika hal itu terjadi, dunia membutuhkan energi dan pangan 60 persen lebih banyak dari yang ada sekarang.

Padahal di sisi lain dunia sedang menghadapi perubahan iklim global. Dalam kondisi iklim yang tidak menentu, sulit meningkatkan produktivitas pangan apalagi hingga 60 persen.

"Di sinilah pentingnya inovasi di bidang pangan. Dengan bantuan teknologi, produktivitas pangan bisa ditingkatkan. Pada akhirnya, kebutuhan manusia atas pangan akan selalu tercukupi," ujar Hatta.

Tuhan menciptakan manusia dengan kreativitas yang tanpa batas. Jika kreativitas itu disatukan dengan kemampuan teknologi akan menghasilkan inovasi yang luar biasa. "Tinggal bagaimana teknologi dan hasil riset di bidang pangan ini disinergikan dengan dunia usaha, sehingga menciptakan nilai tambah dan daya saing tinggi. Kesejahteraan petani pun bisa ditingkatkan," kata Hatta.

sumber : http://www.detiknews.com/read/2011/10/15/211202/1744911/727/hatta-dukung-inovasi-pangan?9922022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar