Minggu, 31 Mei 2015

SAMUDERA COFFEE

Latar Belakang
Sebelumnya saya telah mempunyai usaha kecil yaitu ternak ayam di daerah klapa dua. Selanjutnya saya ingin mencoba memulai usaha baru, yang benar benar baru dimana tanpa adanya tiruan ataupun modifikasi dari pengusaha pengusaha sukses sebelumnya. Saya ingin membuka usaha diluar pemikiran saya, dimana saya tidak akan tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, sebab usaha yang saya ingin buka ini merupakan pemikiran out of the box. Usaha yang ingin saya buka adalah usaha tempat bersantai bagi para penikmat kopi yaitu Samudra Coffe. Samudera coffe merupakan suatu tempat bersantai bagi para penikmat cofee yang menyediaakan semua jenis kopi yang ada di Indonesia dari sabang samapi marauke. Memang sebelumnya kita sudah tau bahwa usaha kopi telah semarak dimana mana, khususnya di daerah ibukota ini. Akan tetapi kopi yang disediakan hanya terbatas kopi dari satu daerah tertentu saja. Misalnya di Kopi medan, ya yang disediakan hanya satu jenis kopi saja. Oleh karena itu saya ingin memulai usaha yang berbeda dari yang lainnya, dimana di satu tempat kita bisa menemukan berbagai jenis kopi yang ada di Indonesia ini tanpa harus pergi kedaerah dimana kopi tersebut berasal. 
Samudera kopi merupakan sebuah tempat bersantai yang menawarkan keunikan tersendiri. Seperti namanya samudera coffe, samudera yang bisa kita artikan sebagai sebuah pulau atau kita artikan sebagai sebuah negara. Oleh karena itu samudera coffe adalah tempat yang menyediakan berbagai jenis kopi dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, seperti Kopi Sidikalang, Lintong dan Mandheling (Medan), Kopi Kalosi (Toraja), Kopi Gayo (Aceh) Kopi Kintamani (Bali), Kopi Papua Wamena (Papua), Kopi Flores Bajava (Flores), Kopi Jawa (Jawa), dll. Selanjutnya konsep dari penyajian minuman kopi disini dikemas ke nuansa klasik dan akan dibawa ke suasana daerah darimana kopi tersebut berasal, dimana dibuatkan berbagai rumah adat yang ada di Indonesia. Misalnya kopi medan, maka kita akan menikmati kopi tersebut di dalam rumah adat batak, dan seterusnya.
Namun dibalik itu semua, inspirasi ini terpikir oleh saya karena kita tidak bisa mengetahui apa yang akan terjadi kedepannya, apalagi untuk saat ini negara kita sudah menjadi bagian dari Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Hal ini tentunya akan mempengaruhi masyarakat ke kehidupan yang lebih modern dan akan terjadi globalisasi. Nah saat terjadinya globalisasi inilah masyarakat akan mengikuti gaya hidup kebarat-baratan yang nantinya akan berpengaruh positif maupun negatif terhadap kebudayaan kita, oleh karena itu kita perlu diingatkan kembali akan kekayaan kebudayaan kita. Salah satu upaya yang bisa menjawab tantangan MEA ini dan mengingatkan kita kembali akan keunikan kebudayaan kita adalah dengan membuka suatu usaha yang erat kaitannya dengan kekanyaan sumber alam dan  ciri khas Negara kita ini yaitu kopi. Oleh karena itulah saya namakan usaha ini dengan nama Samudera Kopi yang menyajikan berbagai jenis kopi yang berasal dari berbagai daerah dan menikmati kopi kopi yang berasal dari berbagai daerah tersebut didalam rumah adat masing masing daerah.

Sebelum saya memulai usaha saya yang baru ini, saya harus mempunyai modal agar usaha berkembang. Untuk merencanakan pemasaran, saya akan mempromosikan samudera kopi ini melalui media social (Facebook, Path, Twitter, Instagram, dll) dan melalui perantara mulut ke mulut, karena nama usaha saya ini sangat unik dan menarik. Samudera coffe akan dibuka di Jl. Komjen. pol. M .Jasin, Klapa Dua, Depok. Klapa Dua, Depok dipilih karena target pasar Samudera Coffe adalah kalangan pemuda seperti mahasiswa/i. selanjutnya Samudera Coffe ini berdekatan dengan universitas swasta yaitu Universitas Gunadarma.
            Adapun maksud dan tujuan saya membuka usaha ini yaitu :
1.      Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan.
2.      Mendapatkan keuntungan atau laba.
3.       Menjawab tantangan MEA 2015
4.       Mengingatkan kembali pemuda pemudi Indonesia akan keunikan dan keanekaragaman budaya kita.

Analisi SWOT
v  Kekuatan
·         Pelopor pertama usaha kekayaan sumber alam
·         Tidak ada saingan khususnya di klapa dua
·         Lokasi strategis
·         Mudah dijangkau oleh masyarakat
v  Kelemahan
·         Bahan baku yang susah didapatkan
·         Prasarana usaha yang susah diperoleh, karena menyangkut budaya daerah
·         Investasi yang cukup besar
·         Tidak semua orang suka kopi
v  Peluang
·         Target pasar yang luas
·         Banyaknya variasi menu
·         Tempat usaha di daerah banyak mahasiswa
·         Tidak adanya persaingan
v  ancaman
·         tidak setiap hari pelanggan menikmati kopi
·         beberapa bahan baku yang sulit didapatkan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar